Camping di Ranca Upas – Ciwidey – Bandung

Libur panjang Nyepi kemarin kami habiskan dengan berkemah di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung. Tadinya mau camping bersama rekan kantor, Dony Alpha, yang sudah pernah ke sana duluan beberapa waktu lalu. Sayang anak-anaknya sedang sakit, jadi terpaksa batal ke Ciwidey. Karena sudah direncanakan akhirnya kami tetap berkemah, berlima minus istri yang mendapat tugas ke luar kota selama tiga hari. Malam sebelum keberangkatan, istri tercinta belanja makanan untuk dimasak selama camping. Tadinya mau sharing juga sama keluarga Dony, namun karena ada force majeur, bekalnya jadi terasa berlimpah 🙂

Bekal Makanan
Bekal Makanan

Saya, Rayyan, Aila, Angga (adik istri), dan Mbak Saroh bangun pukul 4 pagi untuk mempersiapkan segala sesuatunya, seperti sholat, sarapan, dan memasukkan barang-barang ke mobil. Apa saja yang kami bawa ke sana?

  • Tenda untuk 5 orang merk Turbo Tent, beli di Ace Hw. Pengen tahu speknya?
  • Kompor gas portable, beli di Ace Hw juga, dengan 4 kaleng gas dari Lotte Mart, sekalengnya sekitar 10 ribuan
  • Piring, gelas, mangkok, dan sendok buat piknik
  • Teflon buat menggoreng, panci kecil untuk masak indomie
  • Poci tanah liat dengan gula batu untuk ngeteh di suhu dingin 🙂
  • Beberapa bed cover dan pakaian antidingin berupa jaket tebal untuk menghangatkan badan
  • Aqua galon dan pompanya. Selama 3 hari 2 malam, untuk minum dan masak kami menghabiskan sekitar 3/4 galon. Ada Alfamart dekat Ranca Upas, sekitar 4 km dari BuPer. Jadi kalau membutuhkan cemilan, kopi, stmj, indomie, senter, kaos, sandal, dsb, bisa ke sini. Butuh cash? Bisa pakai BCA Tunai di situ. Nggak punya BCA? Pastikan mengambil uang di daerah Soreang, mumpung masih banyak ATM
  • Alat bantu penerangan. Kami membawa 1 lampu emergency yang ada di rumah yang biasa digunakan kalau mati listrik, 1 senter besar, 2 senter kecil, 1 lampu badai dengan baterai, dan 1 head lamp. Berguna kalau mau pipis ke WC atau mengambil barang di dalam tenda di malam hari
  • Terpal dan tambang untuk membuat bivak. Semakin lebar semakin baik.
  • Berbagai alat masak untuk menanak nasi, dsb
  • Pakaian ganti, kupluk, long john, dan pakaian renang (ada kolam air panas lho)

Apa saja yang kami tidak bawa dan kami harap membawanya?

  • Meja lipat kecil untuk makanan. Sebenarnya sudah disiapkan di garasi, tetapi karena barang-barang sudah masuk, tidak jadi dibawa karena bingung membawanya 🙂
  • Alas duduk dari plastik. Ruang vestibule di depan tenda bisa diberi alas duduk dari plastik ini untuk menampung barang-barang atau tambahan 1 orang. Kami membawa tikar lipat yang agak rentan terhadap air, jadi tidak bisa untuk duduk.
  • Keset untuk membersihkan kaki sebelum masuk tenda (akhirnya beli di Alfamart seharga 11 ribuan)
  • Ember dan gayung. Sebenarnya di depan Alfamart jual, namun maghrib sudah tutup. Jadi batal beli. Ember berguna untuk mencuci piring atau peralatan masak lainnya, membasuh kaki, dsb
  • Radio/TV dengan batere. Ketika hari sepi, mendengarkan musik atau berita sangat menghibur. Untung tetangga membawa radio sehingga kami bisa ikut terhibur
  • 1 tambahan kompor. Menggunakan 1 kompor portable untuk memasak air, nasi, dan lauk pauk untuk 5 orang, terasa sangat lama. Kalau misalnya ada 2 kompor, satu bisa untuk memasak nasi dan lainnya bisa memasak indomie atau lauk pauk lainnya.

Walhasil pukul 6 pagi berangkat dari rumah menuju tol Serpong, JORR, Cikunir, Cikampek, Cipularang, dan keluar di Kopo. Sempat berhenti satu jam untuk berbagai keperluan di Rest Area Cikampek.

Setelah keluar tol Kopo, kami merasa hari itu jalanan cukup macet ditambah ada kampanye PKS. Tapi kami menikmati saja perjalanan ini. Sampai Soreang sekitar pukul 1 siang. Kami memutuskan untuk sholat dan makan siang di Restoran Mawar di daerah Soreang. Ikan Gurame Saus Kacangnya dan Karedok Leuncanya maknyus!

Setelah makan dan sholat kami langsung menuju perkemahan Ranca Upas yang mulai mendung. Kami harus tiba sebelum hujan turun. Tidak berapa lama perjalanan yang menanjak itu akhirnya sampailah sudah. Berlima untuk 3 hari 2 malam dan mobil kami membayar 125 ribu rupiah. Karena berlima akhirnya kami menyewa satu tenda lagi dengan alasnya untuk dua malam sebesar 200 ribu rupiah. Petugas di sana membantu memasangkan tenda kami dan tenda sewaan, termasuk sebuah terpal untuk dijadikan bivak tempat berteduh ketika memasak di dekat tenda. Memiliki tenda sendiri benar-benar menghemat biaya untuk keperluan tenda.

Pagi hari setelah subuh, saya berjalan-jalan membawa kamera untuk mengambil gambar pemandangan di sekitar tenda sambil mengumpulkan beberapa informasi untuk dibagikan kepada anggota keluarga lainnya.  Nah sekarang kita lihat fasilitas-fasilitas yang ada di sana.

Fasilitas yang ada di Buper ini adalah:

  • Paint Ball (cocok kalau jumlah pesertanya banyak – dijamin seru karena perangnya bernuansa hutan)
  • Outbound (flying fox, rumah pohon, bungee trampolin, jembatan burma, dsb juga cocok kalau pesertanya banyak)
  • Kolam renang air panas (tiketnya 15 ribu per orang. Sayang tempat bilasnya sedikit, padahal yang datang banyak)
  • Penangkaran rusa (bisa membeli wortel seharga 5000 untuk diberi makan ke rusanya)
  • Sewa sepeda gunung (20 ribu per jam – asyik bisa membakar kalori memutari kompleks yang luas ini)
  • Trekking ke bukit

Dari pintu masuk yang ada tiketnya, di sebelah kiri sering digunakan untuk motocross. Saya sempat mengambil gambar aksi motor dan mobil offroad yang berlaga di situ.

Setelah puas menonton mereka berlaga, saya dan Rayyan menyewa sepeda dan membakar kalori selama hampir satu jam, naik tanjakan yang melelahkan namun sangat mengasyikkan!

Melihat-lihat pemandangan sekitar tempat camping adalah salah satu cara untuk memanfaatkan waktu di sana. Berikut ini adalah beberapa gambar yang saya ambil di tempat Berenang air panas dan beberapa tempat lainnya.

Kesan waktu mengunjungi kolam renang adalah airnya tidak kotor, lumayan lah. Airnya hangat, tidak panas, jadi tidak menyakiti kulit. Sayang tempat bilasnya kurang banyak. Dan waktu itu perosotannya sedang diperbaiki sehingga mengurangi potensi fun yang ada. Untuk perusahaan atau outbond dengan banyak peserta, Ranca Upas menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Bagi Aila, yang paling menyenangkan di sini selain berenang di air panas adalah memberi makan rusa. Untuk melihat rusa tidak perlu membayar. Jika ingin memberi makan, bias membeli wortel seharga 5000 per plastiknya.

Di hari ketiga, setelah sarapan dan saying good bye ke rusa-rusa yang lucu, kami menyempatkan diri ke Situ Patenggang yang tidak jauh dari buper ini. Keluar tinggal belok kanan dalam waktu lima belas menit sudah sampai. Kami juga sempat mengambil foto di perkebunan the Walini yang menghijau.

Tidak jauh dari Walini, sampailah kami ke Situ Patenggang. Tempatnya sangat indah, apalagi kalau dikunjungi bersama kekasih hati. Berikut ini adalah hasil jepretan di sana.

Singkat cerita, liburan yang menyenangkan bersama keluarga tidak harus di hotel mewah berbintang lima. Berkemah di bawah jutaan bintang mensyukuri ciptaan Tuhan lebih bermakna. Berkemah melatih anak-anak hidup berdampingan dengan alam, melatih kemandirian, menguatkan fisik, dan banyak hal positif lainnya.

Berkemah di Ranca Upas Ciwidey merupakan pilihan yang menarik buat anak-anak karena ada fasilitas penangkaran rusa dan kolam renang air panas. Di sekitar buper juga ada tempat wisata Kawah Putih (yang in shaa Allah akan dikunjungi di lain waktu), kebun teh Walini, dan Situ Patenggang yang menawarkan keindahan alam.

Pembaca, apakah punya kandidat tempat berkemah yang menarik untuk Keluarga lainnya? Bagikan di komentar ya..

57 tanggapan untuk “Camping di Ranca Upas – Ciwidey – Bandung”

  1. jampang Avatar
    1. wisnuwidiarta Avatar

      Alhamdulillah Kang…

      Suka

  2. Adnan Avatar
    Adnan

    Dibaca aja udah seru apalagi ngerasain disana…Jadi saya baca aja… 😉
    Nice share pak..

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Hadeh…. Adnan.. kapan kau bertaubat?

      Suka

  3. marvin s Avatar

    mantap ulasannya pak wis. mesti dicoba nih kayaknnya kemping kesini…

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Seru banget! Anak-anak ribut kapan mau ke sini lagi…

      Suka

  4. Dony Alpha Avatar
    Dony Alpha

    Perjalanan Liburan Keluarga yg Luar Biasa Dikemas Dengan Keren Oleh Ceritanya Yang Sangat Menggoda…! Four Thumbs Up Broo…! Sudah harus ngumpulin pasukan lagi nih untuk acara camping keluarga rame-rame…pasti lebih seru..

    Yuk…siap-siap…libur sekolah sebentar lagi tiba…hahaha..!

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Jadinya kapan neeeh??

      Suka

  5. Weekly Photo Challenge: On Top | Untold Contemplation Avatar

    […] This week’s challenge is On Top. I took the picture several days ago when me went camping with my kids at Ranca Upas, Ciwidey. On of the facility is a tree house. Taken using Canon 550D, 15-85 mm, add the saturation a bit using Fotor for Win 8. The complete pics for the vacation can be found here. […]

    Suka

  6. umaypungguk Avatar

    maaf kang mau tanya masuk ranca upas perorang kan 10rb ya , terus kalau mau berkemah disana harus bayar lagi tidak ya? mau ada rencana kemah disana (peralatan kemah sdh bawa sendiri)

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Saya tidak dikenakan charge untuk tenda yang bawa sendiri, tapi ada biaya per harinya. Saya lupa tapi murah sekali.

      Suka

  7. fani Avatar
    fani

    kalau saya mau kesana. ada contact person yang bisa kakak bagikan?

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Coba hubungi salah satu penjaganya Dani di

      Suka

  8. Maulana Yusuf Avatar

    pas camping kendaraannya diparkir dimana ya pak apa dekat tenda atau ada area parkirnya?

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Boleh milih Mas. Mau yang 2 meter sampai 500 meter dari tenda ada.

      Suka

  9. Even R. Avatar
    Even R.

    Libur lebaran kemarin kemping di Buper Palutungan, Gn. Ciremai. Fasilitas tidak sebagus di Ranca Upas yang memang diperuntukan sebagai destinasi wisata. Tetapi jika ingin lebih dekat dengan alam, bisa dicoba. Ada curug Putri masih di lingkungan buper atau cruising waterfall lainnya dan water tracking.

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Wah terima kasih banyak atas infonya!!

      Suka

    2. wisnuwidiarta Avatar

      Wah tenda kita sama yaaaa?

      Suka

    3. Even R. Avatar

      Iyya. He2… Turbo Tent 270. Dulu beli di A*e juga. Kapan2 bisa kemping bareng kita. Yang deket2 aja, di Batutapak atau Gn. Mas…

      Suka

      1. wisnuwidiarta Avatar

        Siapp.. nanti saya ajak teman kantor juga biar rame.. Batu Tapak Sukabumi ya? Gunung Mas itu Puncak?

        Suka

      2. Even R. Avatar

        Ya, Batutapak dekat Javana Spa, Sukabumi atau kebon teh Gn. Mas, Puncak.
        Bisa japri ke WA 0859251XXXXX?

        Suka

  10. […] Camping di ranca upas – ciwidey – bandung | untold […]

    Suka

  11. indahFwt Avatar

    aku juga pernah camping di ranca upas

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      di share dong pengalaman atau fotonya Ndah

      Suka

    2. wisnuwidiarta Avatar

      di share pengalamannya dong Ndah

      Suka

  12. Olivia Jaflaun Avatar
    Olivia Jaflaun

    Waaaah… asyiik banget yaah… bacanya aja udah kepengen banget kesana ditambah lagi liat foto2nya yg tambah bikin ngebet pengen ajak anakku kesana… bener banget pak kita bisa mengajarkan anak untuk dekat dengan alam…. thanks for share moment ini pak…

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Terima kasih Mbak Olivia atas komentarnya… Ayo ayo.. camping di sana lalu share pengalamannya yaaa…

      Suka

  13. fauzi Avatar
    fauzi

    Om,mau nanya turbotent belinya di ace hardwere mana ya?sy pengen beli……makasih

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Mas Fauzi, sayangnya Turbo Tent sudah discontinue dari Ace Hardware. Coba cek di sini.

      Suka

  14. yani Avatar

    Mkasih infony pak, emng lg persiapn buat liburan di bndung. Sumedang jg puny bbrp t4 bgus pak, bisa liht di blog saya, yaniiniyani.blogspot.com

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Trima kasih banyak Mbak Yani… nanti saya mampir yaaa….

      Suka

  15. aie sf Avatar

    PENGEN KESINI JADINYA,,,, SERU BANGET LIATNYA… SEWA TENDANYA BRP YA KIRA2 KALO GA BAWA TENDA SENDIRI??

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Kalau di Jakarta banyak sewa tenda cuma 25 ribu semalam. Di sana kalau gak salah 50 rb semalam.

      Suka

  16. Wawan Avatar
    Wawan

    Ada rute yang palinf deket and gak kena macet gak pak kl ke ranca upas ? Rencananya awal Mei pengen ke sana nih..

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Install waze aja Mas Wawan.. ntar ketahuan rute macet nggaknya..

      Suka

  17. Camping di Sukamantri Camping Ground | Untold Contemplation Avatar

    […] saja dipakai ke sana, pastikan tidak menjalankan dengan kecepatan tinggi. Tidak seperti camping di Ciwidey yang semuanya mulus, camping ke sini memang medannya cukup menantang. Kelebihannya tidak terlalu […]

    Suka

  18. weni gunarti Avatar

    mas mau tanya di ranca upas wc nya bersih ga?

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      bersih kok Mbak Weni

      Suka

  19. kelvin Avatar
    kelvin

    Kalau buat fasilitas semacam flying fox, dsbnya di charge lagi ga mas?

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      iya ada biaya tambahan.. tapi gak mahal

      Suka

  20. Tri Septiadi Avatar

    salam kenal pak wisnu..kayanya seru banget ya pak..boleh minta no telp tempat nya gak pak??buat rekomendasi liburan..

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Aduh Mas Tri… nomornya ilaang…

      Suka

  21. Rubin Avatar
    Rubin

    Salam Kenal Mas Wisnu
    Wahhhh hebat pengalaman campingnya
    Bisa Kita tuker Info ? Rubin_wigena@yahoo.de

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Halo Mas Rubin… Salam kenal yaaa

      Suka

  22. Rubin Avatar
    Rubin

    Mas Wisnu ada rencana awal September Camping dimana?
    Siapa tahu Kita bisa ketemu??
    Salam Rubin

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Insya Allah hari Sabtu terakhir di bulan Agustus di Cikole Lembang Mas.

      Suka

  23. Rubin Avatar
    Rubin

    Woww Mas Wisnu Saya dengar Di Cikole lembang bagus sekali Camping disana
    Sy tidak bisa akhir Augustus .
    Share aja Foto” nya pasti Seru Mas Camping disana Samba keluarga

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Siap insya Allah

      Suka

  24. embun Avatar
    embun

    lagi cari liputan rancaupas, karena kebetulan saya dan suami dan anak yang berusia 3 taun akan menghabiskan long week end ini di rancaupas,berencana buka tenda disana, setelah bacapostingan kang wisnuuu..amat memberi gambaran ttg kondisi disana, danamat tidak sabar nunggu sabtu minggu ini! mudah-mudahan tidak hujaaaan yaaaaa….

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Senangnya bisa berbagi informasi yang bermanfaat.. Semoga terang tidak hujan dan menikmati bonding time bersama keluarga. Selamat memberi makan Sven si rusa yaaa…

      Suka

  25. Alip (@alipmiyanto) Avatar

    Assalamualaikum wr. wb,
    Salam kenal dari tangerang Pak Wisnu,
    Informasi yg bagus untuk referensi liburan keluarga, top markotop Pak Wisnu (y).
    Wassalamualaikum, wr. wb.

    Alip
    [alip.miyanto@yahoo.com]

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Wa ‘alaikum salam.. Terima kasih Pak Alip

      Suka

  26. Camping di Agathis Camp – Cidahu – Sukabumi | Untold Contemplation Avatar

    […] pengalaman camping sebelumnya, saya masih paling suka di Rancaupas, Ciwidey, Bandung. Alasannya ada pemandian air panas, penangkaran rusa, paint ball, flying fox di atas danau, […]

    Suka

  27. Kang Mul Avatar

    Siip.. Nuhun caritana, In shaa Allah kesana sm kaluarga.. 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Ditunggu ceritanya Kang

      Suka

  28. Berkemah di Situ Gunung | Untold Contemplation Avatar

    […] dan pengen kepo pengalaman berkemah saya sebelumnya, monggo dibaca di pranala berikut ini: 1. Ranca Upas Ciwidey, Bandung, 2. Sukamantri, Bogor 3. Gunung Lembu, Purwakarta 4. Cipamingkis, Bogor 5. Guci, Tegal 6. Tambang […]

    Suka

  29. Accidentally in Vacation Part 3 at The Paseban | Untold Contemplation Avatar

    […] di Ranca Upas, Ciwidey seperti yang sudah pernah kami lakukan […]

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

I’m Wisnu Widiarta

Welcome to My Untold Contemplation blog, my cozy corner of the internet dedicated to all of my activities in social activities, outdoor sightseeing, watching movies, playing board game, and photography. If you share my interests, please connect or share your thoughts in my posting.

Let’s connect