Cafe Dedaunan

Wisata ke Kebun Raya Bogor


Minggu siang, 12 Februari 2012, kami sekeluarga selepas sholat dzuhur mengarahkan mobil ke arah Bogor. Tujuannya mengajak istri dan anak-anak ke Kebun Raya Bogor. Mengapa ke sana?

  1. Tidak terlalu jauh dari rumah. Lebih kurang 30 km via Parung – Semplak ke Kebun Raya Bogor.
  2. Alternatif jalan-jalan ke mal yang sejauh mata memandang hanya beton terhampar. Di sini semua serba hijau dan rendah polusi.
  3. Biayanya murah. Tiket masuk hanya 9500 rupiah.
  4. Menambah ilmu pengetahuan. Ada beberapa museum di sana, salah satunya Museum Zoologi yang memperlihatkan banyak fosil dan hewan-hewan air, darat maupun udara.
  5. Bisa mencoba kuliner ke Cafe Dedaunan.
  6. Pulangnya bisa mampir beli asinan dan roti unyil. Di Parung, bisa beli duren Parung yang terkenal. Buatku, lebih enak ketimbang Monthong.

Tips:

  1. Sebelum berangkat, rencanakan transportasi dengan baik. Mau naik kereta? Cari jurusan Kota – Bogor. Dari stasiun tinggal naik angkot ke Kebun Raya Bogor. Kalau mau naik mobil, coba tanya Google Maps dulu. Saya menggunakan iPad dan menggunakan fitur Maps Direction, memasukkan Serpong dan Kebun Raya Bogor, mendapat 3 alternatif. Saya pilih lewat Parung ketimbang via tol yang jalurnya hampir 2 kali lipat. Anda bisa melakukan ini dari Blackberry, iPhone, Nokia, atau Android gadget selama bisa internetan.
  2. Berangkat lebih pagi membuat Anda bisa menjelajahi Kebun Raya Bogor yang luas itu lebih banyak daripada jika mulai dari siang. Saya sendiri karena berangkat dari rumah setelah sholat Dzuhur hanya sempat ke Museum Zoologi dan makan di Cafe Dedaunan di samping berfoto-foto sepanjang perjalanan di antara keduanya.
  3. Bawa payung kecil atau jas hujan. FYI, Bogor adalah salah satu kota dengan curah hujan tertinggi di Indonesia, selain Baturaden di Jawa Tengah. Jika membawa kamera, pastikan tasnya ada parasutnya untuk melindungi gadget Anda. Topi juga bermanfaat ketika cuaca terik menyengat.
  4. Membawa makanan dari rumah untuk piknik adalah salah satu cara menghemat makan siang. Pastikan membawa alas duduk. Jangan nyampah ya.
  5. Jika membawa anak, membawa bola untuk bermain dengannya adalah salah satu ide yang bagus. Banyak sekali lapangan luas untuk bermain di sana.
  6. Toilet dan tempat sholat ada di dekat Museum Zoologi. Yang kebelet dan mau sholat bisa ke museum ini.
  7. Jika Anda memutuskan untuk mencicipi kuliner di Cafe Dedaunan, menu utamanya, seperti Rijstafel dan Nasi Timbel, itu bisa untuk  2 orang dewasa! Pesan 1, coba bagi dua dengan dua orang. Kalau kurang baru tambah. Menurut saya dan beberapa orang yang sudah pernah mencobanya, porsinya besar sekali. Saran saya daripada mubazir sekaligus menghemat, pesan 1 main course untuk dua orang. Beda dengan porsi nasi gorengnya yang harganya separuh dari dua menu tersebut, bisa untuk 1 orang. Oh ya nasi gorengnya, lumayan nendang lho! Warnanya keunguan karena dicampur trasi. Maknyus tenan!

Berikut adalah gambar-gambar hasil oleh-oleh jalan-jalan ke Bogor:

This slideshow requires JavaScript.

About these ads

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s