Menginap di Tenda Mongolia @ Highland Park Resort Bogor


Beberapa minggu yang lalu kami sekeluarga mendapat kesempatan untuk menginap di Highland Park Resort Bogor yang memiliki konsep tenda seperti orang Mongolia. Meskipun bentuk luarnya tenda, namun dalamnya dikeramik permanen dengan AC, tempat tidur, sofa bed, shower, wastafel, dan toilet yang juga dibuat permanen.

Berangkat dari rumah di pagi hari, dan sebagai penunjuk arah saya menggunakan aplikasi Maps di iPad. Kata kunci tujuan adalah Taman Sari, Ciomas, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Setelah sampai ternyata baru tahu kalau Google Maps memberikan rute terpendek, meskipun kadang-kadang jalannya sempit. Dari Serpong perjalanan ditempuh sekitar 45 km. Tempat wisata ini ternyata berada tidak jauh dari Gunung Salak, tempat jatuhnya pesawat Sukhoi.

Begitu sampai kami disambut dengan welcome drink, melakukan registrasi, lalu diantar dengan kendaraan yang biasa dipakai pada permainan golf ke tenda karena bawaan banyak dan jarak yang cukup jauh. Ruang tunggu resepsionis terletak dalam satu bangunan dengan tempat makan di lantai dua selain ada ruang bermain anak dan juga bar. Di antara lobi dan tenda terdapat halaman luas untuk permainan anak dan kolam renang bergaya theme park sederhana. Di sebelah kolam renang ini dipasang pula flying fox dan tempat bermain futsal in door. Beberapa ekor kuda juga tersedia buat mereka yang ingin mengajak anaknya berkuda mengelilingi resort ini.

Begitu masuk tenda berkapasitas 6 orang dewasa ini, kami melihat ruangan tanpa sekat itu terdiri dari 1 tempat tidur dewasa untuk 2 orang, dan 4 sofa bed. Shower untuk mandi dan toiletnya dipisahkan oleh wastafel permanen. Sebuah TV layar datar dan AC split yang cukup dingin melengkapi kamar yang dibandrol sekitar 2 juta rupiah itu.

Beberapa kelebihan dari tempat ini:

  1. Menyajikan konsep yang unik dan berbeda dengan penginapan lainnya
  2. Cocok untuk anak-anak karena ada flying fox, futsal, sepeda lipat, berkuda, perosotan, ayunan, dan kolam renang
  3. Makanannya enak dengan view ke Gunung Salak yang indah

Beberapa kekurangan tempat ini:

  1. Kurang dingin, tidak sedingin Michael Resort di Gunung Bunder
  2. Area tenda kurang pohon besar sehingga siang sangat panas
  3. Masih perlu banyak wahana untuk orang dewasa agar lebih betah
  4. Harga relatif cukup mahal, 2 juta per tenda. Lebih cocok untuk outbound company dibandingkan untuk keluarga kecil

Jika Anda dan keluarga ingin tempat yang berkonsep unik sambil beristirahat di daerah Taman sari Bogor, silakan kunjungi tempat ini. Jika lebih suka yang dingin, mungkin Anda bisa ke Michael Resort di Gunung Bunder. Cuma sayang di Michael Resort tempatnya cukup curam dan tidak ada wahana permainan anak. Namun sangat dekat dengan air terjun. Lebih keren lagi kalau 1 malam menginap di sini, dan 1 malam menginap di Michael Resort. :)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About these ads

48 comments

  1. lumayan cantik ya tempatnya…mung kurang teduh..krn baru kali yaa…? sayang e mahal..blom bs ajak anak paud kesana… :)

  2. Setuju dengan comment nya. Bulan Mei kemarin saya, istri, and 3 anak juga menginap 1 malam di Highland Park Resort, and waktu itu ada discount 20%, jadi saya cuma bayar 1,6jt untuk 1 villa tenda. Tempatnya gersang and panas. Basically kita ga bisa berada di luar tenda antara jam 10.00-15.30 karna panas nya minta ampun. Makanannya juga relative mahal, dan untuk rasa, sangat biasa banget. So, dengan discount pun saya ga merasa worth it.

  3. Hehehehe… Sepertinya Highland Park Resort (HPR) memang gencar mempromosikan resort ini, dan tampaknya sering mengundang wartawan/artist/public figures untuk menginap di sana sebagai bagian dari promosi. Sah-sah saja sih.. and konsep “Mongolian Tents” memang keren.. tapi dengan kualitas tenda bambu berlapis plastik di bagian luar dan kain tipis warna-warni di bagian dalam, plus furniture yg jelas sekali “cheap quality”nya, plus area nya yang sangat gersang dan panas, saya sih merasa “tertipu” oleh iklan gencar nya.

    Kebetulan saya senang jalan2 bersama keluarga, sebulan sekali, mencoba hotel2/resort2 yg tidak terlalu jauh dari Jakarta. Sangat banyak villa/resort/hotel lain di sekitar bogor, sukabumi, dan puncak yang jauh lebih “enjoyable” dengan harga yg lebih murah dari HPR. In fact salah satu hotel berbintang di bogor pun harganya lebih murah dari HPR..

    Moga2 tidak banyak orang lain yang “kecewa” seperti saya..

    1. Buat kita-kita yang dewasa memang bisa mati gaya. Gak tahu mau ngapain begitu tiba di sana. Hahaha..
      Apalagi kalau mengeluarkan dana segitu gede.. Wuah… Berasa memang :D
      Cocoknya untuk outing yang cuma numpang tidur buat company outbound. Buat family kurang pas :D

      -Sent Using Wishberry-

    2. Selamat pagi,mau nanya nih. tempat wisata lain di daerah bogor atau di daerah lain yg msh memungkinkan untuk naik mobil dan membawa anak kecil dan bayi dimana ya? tempat menginap nya ok dan banyak hiburannya. bingung nih, sedangkan dapat tugas dari keluarga besar untuk mencari tempat liburan untuk tahun baru. Oiya rombongan saya nantinya kira2 ada 20 org. Terima kasih ya untuk infonya,.

      1. Pagi Mbak Anita. Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya ini. Daerah Bogor dan Puncak pengalaman saya baru 3 tempat.
        Tenda Mongolia
        Michael Resort Gunung Bunder
        Hotel Safari Garden Puncak

        Ketiganya ada reviewnya masing-masing, silakan Mbak Anita bandingkan sendiri.

        http://wisnuwidiarta.wordpress.com/tag/wisata

        In summary:
        Tenda Mongolia tempatnya luas, ada kolam renang yang tidak dingin airnya, ada flying fox dan luncuran di kolam renang. Bisa bersepeda dan berkuda.
        Tempat agak panas. Harga lumayan pricey.

        Michael Resort sangat indah, sangat hijau, dan lebih dingin drpd Mongolia.
        Di sekitarnya banyak air terjun untuk dinikmati. Relatif tidak macet dibandingkan Puncak. Agak pricey dan tempat main anak kurang.

        Hotel Safari Garden dekat Taman Safari. Banyak tempat permainan anak.
        Ada kolam renang tapi dingin airnya. Kalau gak pas waktunya bisa macet. Harga masih sedikit di bawah 2 di atas.

        Rencananya buat libur panjang ya? Selamat liburan ya Mbak.

      2. iya untuk kumpul2 keluarga besar pas taun baru. tapi untuk michael resort sepertinya repot ya kalau harus bawa bayi?
        Kalau di highland, sekamar bisa untuk 6org ya? boleh bawa snack/makanan dr luar? pengen bbq-an juga, katanya disediain disana,tp bayar lagi hi9

      3. Kalau bawa bayi emang pasti repot, mau di mana juga nginepnya :) Apalagi kalau Bapaknya ikutan ngrepotin. Wkwkwkwk.
        Kalau di Michael Resort memang agak curam kalau mau memilih dekat air terjun. Jadi naik tangganya harus hati-hati.
        Kalau Highland bisa untuk 6 orang saya kira.

        Jangan lupa tuliskan pengalaman selepas liburan yaa… (atau minimal comment di sini lagi).

    1. Di luaran sepertinya tidak banyak pilihan. Mereka punya resto dan rasanya cukup enak kok. Cuma memang agak pricey. Waktu saya ke sana sih gratis :)

  4. Mohon ijin boleh saya tambahin ya mas Wisnu…biar tambah komplit info nya.

    Waktu saya ke sana, karna resto di dalam agak pricey and rasanya biasa banget, saya dan istri iseng2 jalan kaki ke luar. Persis di depan HPL ada warung bakso (yg kata istri saya sih enak, menurut saya biasa aja…), trus ada restoran sunda yg cukup besar (tapi pas saya lihat minyak goreng nya yang udah hitam, kami urung makan di sana), and ada tukang sate pinggir jalan. Saya coba beli sate ayam dan sop nya, and ternyata (menurut saya) cukup enak. Juga ada toko kelontong yang lumayan komplit, in case mau beli roti and snacks…

    1. Ok. Kalau gitu tolong dikasih ancer-ancer, sate ayamnya yang sebelah mana? Kan ada indomaret deket pertigaan situ. Sebelah mana Mas?

      1. Oh ya..? saya malah ga notice loh Mas Wisnu, klo ada indomart di dekat situ. Yang pasti, persis di depan HPL khan pertigaan T (tusuk sate)… warung bakso persis di depan gate HPL, toko kelontong ada di sudut jalan T yg arah ke Klenteng. Tukang sate nempel sama tembok toko kelontong (pake gerobak, pinggir jalan), satu lahan dengan Resto Sunda (dari bambu) yg agak besar…

  5. wah padahal baru mau rencanain jalan2 kesana nih.. kalo masih gersang keknya kurang asik ya :) kok bisa gratis wis? dpt voucher? :D or dari kantor? :D *bitrinih* :D

  6. kalo cm mau main seharian bersama anak dan menggunakan fasilitas kolam renang aja brp? tp tanpa menginap…boleh sewaktu2 kl keluarga besar saya mengadakan family trip boleh jadi rekomendasi yang oke…aku cm mau tanya yg kl cm sehari bermain dan berenang dsana brp?

  7. hai2 semuanya, aku sama kayak mba anita, dapat tugas dari keluarga besar buat cari tempat liburan untuk tgl 15 ini, boleh diinfo ga tempat berlibur edisi camping yg ada outbound, atau yg sejenis kyak mancing, bercocok tanam, plus main lumpur sama kebo juga boleh, hehhe.. (maklum anak2 jakarta sekarang taunya mall sama gadget doank) kalo ada referensi tempa boleh diinfo donk, sebelumnya terima kasih ya…

  8. Wonderful selection of photos.

    Thank you for visiting my blog today. I appreciate the time you took to stop by. May your day be filled with joy and peace.
    BE ENCOURAGED! BE BLESSED!

  9. Rencana aku juga mau bawa my fam jg kesana…musim hujan gini adem kali ya…oh ya harga 2 jt per camp apakah sdh include makan…pls info nya apakah kalo mau bbq di perbolehkan dan apakah alat2nya jg tersedia..thanks ya atas infonya.

  10. Salam,

    Mau ajak keluarga ke HPR, kalo sekarang makin rindang atau msh sama gersang seperti di review? Mohon infonya.

    Thanks bro.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s